5 Keuntugan Mengajukan Kredit Pinjaman Modal Usaha ke Bank

Untuk memulai usaha apa saja pasti membutuhkan uang sebagai modal awal usaha. Biasanya untuk memulai suatu usaha banyak yang lebih memilih untuk menjalankan usaha kecil terlebih dahulu atau UKM karena tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Saat ini lembaga perbankan sudah menyediakan produk pinjaman modal usaha untuk wirausahawan UKM untuk membantu memenuhi kebutuhan modal yang dibutuhkan.
Pinjaman Modal Usaha
Pinjaman Modal Usaha

Bank memang sering menjadi salah satu tujuan bagi para wirausahawan untuk meminjam uang tunai sebagai modal untuk menjalankan usaha dalam bentuk kredit yang dapat dicicil hingga jangka waktu yang telah disepakati. Namun tidak semua pengajuan akan diterima karena bank akan melakukan banyak pertimbangan sebelum memberikan pinjaman salah satunya yaitu kemampuan untuk membayar cicilan beserta bunga setiap bulannya.

Keuntungan Pinjaman Modal Usaha


Namun sebelum melakukan pinjaman modal usaha, pastikan untuk memahami terlebih dahulu mengenai prosedur pinjaman karena setiap bank memiliki prosedur yang berbeda-beda. Anda juga harus memahami keuntungan yang ditawarkan oleh tiap bank apakah akan menguntungkan anda. Berikut terdapat beberapa keuntungan umum yang akan didapatkan apabila anda mengajukan kredit pinjaman.

1. Memberi berbagai kemudahan
Dengan melakukan pinjaman sebagai modal untuk menjalankan usaha tentu saja hal ini akan memberikan kemudahan apalagi bagi nasabah yang selalu menyimpan uang mereka pada suatu bank secara teratur. Dengan begitu pihak bank akan memudahkan proses pengajuan permohonan kredit pinjaman menjadi lebih mudah. Bahkan syarat-syarat yang dibutuhkan juga terbilang cukup mudah dan biasanya hanya meminta dokumen pribadi dan juga memiliki riwayat kredit yang baik.

2. Terdapat berbagai pilihan jenis pinjaman
Saat ini sudah terdapat banyak pilihan jenis pinjaman yang dapat diakses oleh nasabah baik itu untuk yang baru ingin menjalankan usaha ataupun yang ingin mengajukan modal untuk mengembangkan usaha hingga pinjaman untuk keperluan lainnya. jenis-jenis pinjaman mulai dari KTA, KUR, hingga Kredit Multriguna.

Setiap produk pinjaman memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masgin sehingga anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan sebaiknya untuk memahami setiap keuntungan dan kekurangan masing-masing produk pinjaman terlebih dahulu agar tidak salah memilih.

3. Bank tidak ikut campur pada urusan bisnis yang dijalankan
Meskipun bank merupakan pihak yang memberikan pinjaman modal untuk menjalankan usaha, bank tidak akan ikut campur tentang masalah dan urusan bisnis yang akan atau sedang dijalankan dengan menggunakan pinjaman tersebut. Bank hanya akan mengurus tentang kelancaran dalam pengembalian kredit setiap bulannya dengan tepat waktu sehingga pastikan untuk selalu membayar cicilan tepat waktu.

4. Bunga rendah
Biasanya produk pinjaman usaha yang berstandar mikro memiliki suku bunga yang lebih rendah dibandingkan jenis kredit pinjaman lainnya yang memiliki sifat konsumtif sehingga bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya tidak akan terlalu mahal.

5. Agunan aman
Sebagai jaminan atas pinjaman yang telah diajukan oleh nasabah terhadap bank, pihak bank akan meminta agunan pada setiap nasabah yang meminta pinjaman dari bank. Agunan atau jaminan biasanya merupakan sebuah asset berharga. Asset yang dijadikan sebagai jaminan terjamin aman dan bank juga akan bertanggung jawab secara penuh.
Untuk mendapatkan pinjaman modal usaha, anda bisa mengajukannya ke Bank HSBC. HSBC menyediakan berbagai pilihan produk pinjaman untuk pebisnis UKM dengan jangka waktu pinjaman hingga 10 tahun dan pinjaman mulai dari Rp 500 juta hingga Rp 10 Miliar. HSBC juga dapat memberikan pinjaman tanpa agunan namun dengan limit dan jangka waktu yang lebih rendah dan singkat.