Jenis-jenis Valve yang Umum Dijual Distributor Valve

Posted on

Valve atau katup merupakan sebuah perangkat yang biasanya digunakan dalam sistem pada pipa. Penggunaan valve bertujuan untuk mengontrol, mengatur, dan mengarahkan laju aliran fluida baik itu dalam bentuk cairan, gas, padat, atau campuran. Caranya yaitu dengan membuka atau menutup aliran fluida. Peran valve sangat penting sehingga harus memilih distributor valve terpercaya agar bisa mendapatkan valve berkualitas.

Distributor Valve

Valve memiliki peran penting dalam industri seperti migas karena digunakan untuk melakukan pengontrolan pengapian pada furnace dan juga melakukan pengaliran ke dalam kolom destilasi. Maka dari itu setiap perusahaan harus cermat dalam memilih distributor yang menjual valve berkualitas agar dapat menunjang kinerja mesin dan proses perindustrian.

Distributor Valve Pipa Terpercaya di Jakarta

Distributor valve terpercaya di Indonesia yaitu PT Alvindo Catur Sentosa (ACS). Alvindo Catur Sentosa (ACS) merupakan perusahaan pemasok untuk oil dan gas, industrial plant, dan petrochemical. Alvindo memiliki staff yang sudah berpengalaman dan profesional sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik dan memberikan apa yang dibutuhkan. Namun sebelum membeli valve, terdapat beberapa jenis valve yang umum digunakan yaitu :

1. Gate Valve
Gate valve lebih cocok digunakan untuk membuka dan menutup aliran sehingga tidak cocok digunakan untuk mengatur debit aliran. Sistem mekanisme gate valve yaitu dengan cara membuka penuh atau menutup rapat sehingga akan memberikan hasil yang tidak akurat untuk mengatur debit aliran.

2. Globe Valve
Untuk mengatur besar kecilnya aliran fluida biasanya menggunakan globe valve. Tampilan globe valve dan gate valve hampir mirip terutama pada bagian utamanya, hanya saja yang membedakannya yaitu terdapat pada bagian disc, seat, dan valve. Karena perbedaan tersebut membuat pola alirannya juga berbeda.

3. Check Valve
Check valve atau yang sering disebut sebagai non-return valve bertujuan agar aliran fluida hanya terjadi dalam satu arah saja. Hal tersebut memungkinkan karena check valve tidak menggunakan handel melainkan menggunakan tekanan dari aliran fluida itu sendiri untuk melakukan mekanisme ini. Check valve masih terbagi menjadi beberapa jenis yaitu ball check valve, swing check valve, dan lift check valve.

4. Needle Valve
Needle valve lebih sering digunakan pada gage, instrument, dan meter line service dengan hasil yang sangat akurat untuk throtling. Needle valve bahkan dapat digunakan pada temperatur dan tekanan tinggi.

5. Ball Valve
Ball Valve umumnya digunakan pada pengoperasian fluida pada temperatur antara -450°F hingga -500°F.

6. Diaphragm Valve
Penggunaan diagphragm valve dapat memberikan aliran fluida yang tenang serta dapat mengalir dengan lancar tanpa hambatan.

7. Butterfly Valve
Butterfly valve lebih sering digunakan pada aliran fluida dengan tekanan rendah karena memiliki desain yang sangat sederhana. Namun butterfly valve juga dapat digunakan untuk mengatur dan mengontrol aliran fluida.
Pastikan untuk memilih jenis valve yang sesuai dengan kebutuhan dan jangan asal memilihnya. Untuk melihat katalog lengkap anda bisa langsung mengunjungi www.alvindocs.com sebagai perusahaan penyedia valve terlengkap di Jakarta dengan material stainless steel atau carbon steel. PT Alvindo Catur Sentosa menyediakan berbagai brand valve dan beragam jenis vale yang berkualitas seperti GBA dan FBV.

PT Alvindo Catur Sentosa sebagai distributor valve pipa Jakarta akan memberikan pelayanan terbaik demi kenyamanan dan kepuasan para pelanggannya. Bukan hanya mementingkan kualitas dan kenyamanan pelanggan, Alvindo juga akan memberikan penawaran harga valve terbaik sehingga dapat menjadi mitra bisnis yang saling menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *