Manakah yang Lebih Baik? Tabungan atau Investasi?

Posted on

Bank di Indonesia memiliki pilihan produk yang dapat dipilih sesuai kebutuhan masyarakat di mana merupakan tempat masyarakat dalam menabung atau berinvestasi. Tabungan dan investasi menjadi pilihan bagi masyarakat dalam menyusun keuangan dan juga dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Keduanya memiliki keuntungan masing-masing bahkan sering muncul pertanyaan harus memilih tabungan atau investasi?

tabungan atau investasi
tabungan atau investasi

Mengenal Tabungan dan Investasi

1. Tabungan

Setiap orang diajarkan untuk memiliki tabungan sejak dini sehingga dapat digunakan pada saat keperluan mendadak yang tidak diduga. Seseorang bisa saja tidak memiliki dana yang cukup ketika terdapat keadaan yang memaksa harus mengeluarkan dana pada saat tidak memiliki tabungan. Namun dalam menabung, sangat penting untuk selalu melacak pemasukan dan pengeluaran agar tahu dana tersebut digunakan untuk tujuan apa.

Dengan menabung biasanya seseorang juga sudah memiliki tujuan dari menabung misalnya akan digunakan untuk membeli hp baru. Misalnya ingin membeli hp seharga Rp 5 juta. Maka anda bisa menargetkan berapa yang harus ditabung dalam seminggu ataupun dalam sebulan hingga dapat mencapai target Rp 5 juta dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Banyak yang memilih untuk menabung di bank karena nilai Rupiah tidak akan berkurang karena anda pasti lebih sering menggunakan uang tunai dibandingkan menggunakan ATM. Dengan menyimpan uang secara tunai juga akan mengurangi nilainya karena inflasi. Yang harus diingat adalah tabungan bank memang akan memberikan bunga. Bunga tersebut memang akan mengimbangi efek inflasi namun tidak dapat mengikuti laju inflasi secara penuh.

2. Investasi

Investasi dipilih oleh mereka yang menginginkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan hanya menabung. Investasi juga lebih ditujukan untuk tujuan jangka panjang agar dapat mendapatkan keuntungan yang maksimal. Keuntungan berinvestasi yaitu uang anda akan meningkat lebih cepat dibandingkan dengan menabung.

Investasi juga akan memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan menabung serta penghasilan dari investasi juga akan bertambah seiring berjalannya waktu. Total keuntungan yang didapatkan tergantung pada jenis investasi yang dipilih karena setiap investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Investasi memang pilihan yang tepat bagi yang ingin mendapatkan keuntungan yang lebih banyak namun anda harus berhati-hati dengan resiko yang diberikan. Salah dalam menjalankan investasi maka bisa berdampak pada kerugian apalagi nilai investasi dapat meningkat dan menurun tanpa bisa diprediksi. Bagi pemula, ada baiknya untuk memilih investasi dengan tingkat risiko kecil misalnya deposito.

Pilih Tabungan atau Investasi?

Sebenarnya keduanya sama-sama memiliki keunggulannya masing-masing. Hal ini kembali kepada kebutuhan dan pertimbangan anda. Apabila anda memiliki tujuan jangka pendek misalnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari secara rutin maka menabunglah. Namun apabila memiliki tujuan jangka panjang di atas 1 tahun maka lebih cocok berinvestasi.

Anda juga harus memahami keuntungan dan kerugian dari menabung dan berinvestasi yang telah dijelaskan di atas. Jadi tabungan lebih ditujukan untuk tujuan jangka pendek yang telah ditentukan tanggal kapan dana akan digunakan sedangkan investasi lebih cocok untuk dana pensiun, beli rumah, tanah, biaya sekolah anak, dan lainnya.

Untuk menghindari resiko tabungan atau investasi, anda dapat menggunakan produk dari Bank HSBC yaitu HSBC High Rate Savings. Produk ini menawarkan suku bunga yang kompetitif hingga 5,5% per tahun, lebih tinggi dibandingkan tabungan. Penyetoran awal juga rendah namun semakin banyak anda menabung tentu bunga yang didapatkan akan semakin tinggi. Anda juga dapat mengakses dana di rekening dengan mudah melalui Mobile Banking HSBC atau Personal Internet Banking.

Deskripsi : tabungan atau investasi memiliki perbedaan namun keduanya sama-sama memiliki keunggulan yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *