Selain Biaya Ekspor Barang ke Luar Negeri, Pahami Hal Penting Ini

Posted on

Jika anda ingin melebarkan bisnis, harus mencoba kirim produk ke luar negeri. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang tahu produk anda. apalagi sekarang proses pengiriman barang ke luar negeri lebih mudah dan cepat. Namun sebelum ekspor barang, anda harus memperhatikan beberapa hal penting. Supaya produk bisa terkirim dengan aman ke alamat tujuan. Selain biaya ekspor barang ke luar negeri, berikut ini beberapa hal yang harus anda ketahui.

Pahami Semua Hal Tentang Barang Yang Di Ekspor

Sebelum memutuskan untuk ekspor barang, anda harus tahu semua hal tentang barang tersebut. pahami deskripsi mendetail tentang barang tersebut. apa keunggulanya, mudah pecah atau tidak dan lainnya. ketika anda memutuskan untuk ekspor barang. Kemungkinan besar anda adalah pemilik barang tersebut atau yang dikuasakan. Tentunya anda tidak berani ekspor barang,jika tidak tahu seluk beluk produk yang dijual.

biaya ekspor barang ke luar negeri
biaya ekspor barang ke luar negeri

Beritahu Produk Ekspor ke Pihak KPPBC

Tahap selanjutnya anda harus memberitahukan produk yang diekspor ke pihak KPPBC atau kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai. Barang yang anda ekspor harus sesuai dengan data pemberitahuan ekspor barang (PEB). Anda bisa menulis secara manual atau berupa formulir yang sudah disediakan. tentunya ini berlaku untuk ekspor barang dalam jumlah yang besar.

Pahami Ketentuan Produk Ekspor

Setiap produk yang diekspor, memiliki ketentuannya masing-masing. ada beberapa produk yang dilarang di ekspor dan ada pula yang dibatasi. Oleh karena itu sebelum melakukan ekspor, anda harus memahami ketentuan produk yang di ekspor. Sehingga anda tidak akan melanggar ketentuan hukum yang berlaku mengenai pembatasan barang ekspor.

Pahami Produk Yang Dilarang Ekspor

Perlu anda ketahui, tidak semua produk bisa dikirim ke luar negeri. Ada beberapa produk yang dilarang untuk di ekspor ke luar negeri. Entah itu untuk badan usaha, perorangan ata siapapun. Berikut ini beberapa produk yang dilarang di ekspor.

  • Rotan mentah
  • Kayu dalam bentuk log
  • Bijih timah serta konsentratnya
  • Sisa serta skrap yang diambil besi tuang
  • Pasir kuarsa atau silica
  • Bantal trem atau rel kereta terbuat dari kayu

Pahami Produk Yang Dibatasi untuk diEkspor

Selain mengetahui barang yang dilarang di ekspor, anda juga harus tahu produk apa saja yang dibatasi untuk di ekspor. Jika produk yang akan anda kirim termasuk barang yang dibatasi, maka harus anda izin khusus dari instansi yang berwenang. Izin tersebut harus dibuat sebelum anda mengajukan PEB. Bila surat perizinan belum anda, maka anda tidak bisa membuat PEB. Pastikan anda harus tahu produk tersebut termasuk produk yang dibatasi atau tidak.

Pahami Produk Bebas Yang Di Ekspor

Produk bebas ekspor berarti tidak masuk ke dalam produk yang dibatasi atau dilarang. Untuk barang ini bisa dikirim dengan prosedur normal dan tidak perlu izin khusus. Sehingga prosesnya lebih mudah dan cepat.

Pahami Pengenaan Bea Keluar Untuk Beberapa Jenis Produk

Ada beberapa produk yang dikenai bea keluar. Bea keluar adalah pungutan negara yang sesuai dengan undang-undang kepabeanan. Tidak semua produk dikenakan biaya ini,hanya beberapa yaitu:

  • Kulit, entah itu kulit jangat, kulit mentah atau kulit disamak
  • Kayu, termasuk serpih kayu, kayu olahan dan veneer
  • Biji kakao
  • Kelapa sawit dan CPO beserta produk turunananya
  • ┬áProduk mineral dari hasil olahan

Jika anda masih bingung, bisa bertanya terlebih dahulu ke cs kilo.id. sehingga tahu produk yang akan dikirim dan biaya ekspor barang ke luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *