5 Tips Wawancara Kerja Yang Sangat Ampuh

Posted on

Panggilan wawancara adalah hal yang paling ditunggu oleh para pencari kerja. Banyak sekali perusahaan yang membuka lapangan pekerjaan dengan banyak posisi. Perusahaan outsourcing adalah salah satu perusahaan yang menjadikan rekrutmen calon karyawan baru sebagai instrumen utama bisnisnya. Maka dari itu walaupun sulit, teruslah mencari dan jangan menyerah dalam mencari pekerjaan karena kesempatan selalu datang kepada mereka yang tidak berhenti berusaha.

Wawancara adalah hal yang paling penting pada saat proses rekrutmen karyawan baru, maka dari itu anda yang mendapat panggilan perlu mempersiapkan wawancara tersebut semaksimal mungkin. Wawancara biasanya berisikan beberapa pertanyaan seputar kepribadian, tujuan bekerja dan lain sebagainya. Maka dari itu ada beberapa hal inti yang dapat kamu persiapkan karena hampir semua proses rekrutmen menanyakan beberapa hal yang sama. Tanpa berbasa-basi lagi ini dia beberapa tips wawancara yang dapat kamu lakukan agar mendapatkan impresi yang bagus di depan HRD.

Tips Wawancara Kerja
source : freepik.com
  1. Pengetahuan Tentang Perusahaan

Sebelum anda mendatangi interview tersebut carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang background, visi-misi, dan tujuan perusahaan yang akan anda lamar. Recruiter lebih senang dengan kandidat yang mengetahui tentang perusahaan yang akan dia lamar karena akan terlihat lebih serius dibandingkan dengan kandidat yang tidak memilikinya. Sebagai contoh anda melamar di perusahaan shipping agent in jakarta, maka anda harus mengetahui secara garis besar hal yang berbau pengiriman barang atau jasa ekspedisi.

  1. Pengalaman

Ini adalah poin yang sangat penting bagi para pencari kerja. semakin berpengalaman seorang kandidat, semakin tinggi pula gaji dan fasilitas yang akan ditawarkan. Maka dari itu lamarlah posisi yang sesuai dengan background anda. Apabila anda adalah fresh graduate yang tidak memiliki pengalaman sama sekali, carilah informasi tentang job description atas posisi yang anda lamar dan tunjukkan ketertarikan di bidang tersebut. Apabila pihak HRD menilai bahwa anda tertarik di bidang itu dan memiliki attitude yang baik, anda akan lebih mudah diterima di perusahaan tersebut.

  1. Komunikatif

Jangan lupa untuk selalu menjaga komunikasi antara kamu dengan recruiter. Pihak HRD tidak suka kepada kandidat yang menjawab berbagai pertanyaan seadanya. Mereka lebih suka kepada kandidat yang antusias dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Jangan ragu untuk menanyakan hal hal yang kurang anda mengerti.

  1. Jujur

Pastikan kamu jujur dengan semua jawaban kamu. Mungkin kamu akan diterima di pekerjaan tersebut karena kebohongan kecil, akan tetapi seiring berjalannya waktu kebohongan anda akan terungkap. Interview adalah proses perkenalan antara bagaimana kriteria yang dicari perusahaan dengan kandidat yang melamar. Semakin cocok kriteria tersebut semakin bagus pula performa yang akan dihasilkan. Apabila anda tidak lolos di satu perusahaan bisa jadi kamu lebih cocok di perusahaan lainnya. Maka dari itu jangan takut untuk jujur.

itu adalah beberapa hal yang dapat kamu terapkan dan siapkan sebelum mendatangi interview, percayalah semua usaha akan terbayar. Jangan segan-segan untuk mengambil sedikit waktu liburan seperti di villa Bogor indah, Bandung dan tempat wisata lainnya agar dapat mengurangi stress kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *